topbella

Sabtu, 12 Februari 2011

Komunikasi yang JUJUR itu Penting

Pertengkaran itu hal yang biasa dalem setiap hubungan. Biasanya karena masalah sepele yang ujung ujungnya jadi gede , masalah yang gak penting tapi ujung ujungnya nyangkut ke masalah laen. Pokoknya, jadi ribet dan tambah bikin pusing. Pengen dilupain aja, dianggep angin lalu, tapi atii masih kesel. Jadi gimana dong? Yaah, sebenernya sih simpel aja penyelesaiannya. Gampang. Cara lama, klasik, tapi ini tuh kadang susah banget dilakuin. Apalagi kalo lagi bawaan kesel karena emosi.yang membabibuta tak tentu arah.

Komunikasi kucinya. Simple. But sometimes we can't adjust this way to our relationship. Kadang kita gak tau gimana caranya berkomunikasi yang baik sama pasangan kita. Mungkin karena kamu gak cukup kenal dengan pasangan kamu. Makanya kamu gak tau gimana caranya ngungkapin apa yang kamu rasain ke pasangan. Ato dari kamunya sendiri yang gak tau gimana cara ngomong isi hati kamu. Saya sih sering pernah ngalamin masalah komunikasi gini.

Saya itu orangnya fleksibel sebenernya. Gak terlalu suka mempermasalahkan masalah yang sepele. Tapi suatu hari, pacar saya, panggil aja Montok, dia jual hapeh dan pengen ganti hapeh baru. Berhubung duid hasil jual hapeh gak terlalu banya, Montok ngajak saya nyari hapeh yang murah disepanjang pasar GB. Terus kita mampir ke salah satu etalase dipinggir toko. Di dalem etalasenya, banyak hapeh yang dipajang. Montok tertarik sama BB yang terpajang disitu.
     "Nih BB brapa bang?" tanya Montok.
     "800 tuuh, lengkap. Ada kotak, charger, sama headset"
Montok kelyatan tertarik banget lyat tuuh BB yang harganya murah banget, mungki barang curian ato apa juga gak ngerti. Singkat cerita, Montok bisa bawa pulang tuuh BB dengan harga 650, setelah tawar menawar selama 10 menitan. Saya awalnya gak terlalu permasalahin. Toh itu duid dia. Dia mau beli apa aja juga terserah kaan. Tapi tiba tiba ada yang bikin atii gak enak. Saya inget kalo dia pernah ngelarang saya pakeg BB. Alasannya karena BB ada fitur BBM nya, dia takut saya selingkuh lewat BBM. Karena banyak yang bilang kalo BBM itu tempat yang paling aman buat cari selingkuhan. Tapi sekarang? Dia malah beli henpon yang dia larang saya buat beli dulu. Saya ngerasa sedikit dikhianati. Karena dia ngelakuin apa yang dulu dia larang sama saya. Belom lagi kemungkinan kalo dia juga bakal selingkuh kalo pakeg BB. Well, saya akui saya berlebihan dan agak kolot. Sebenernya kalo mau selingkuh, sbelom pakeg BB juga dia udah selingkuh. Saya juga udah usaha buat ngilangin perasaan aneh dan gak jelas ini. Tapi pikiran pikiran buruk dan negatif masih aja nemplok di otak. Saya takut dia selingkuh lewat BBMan ! Itu yang paling saya takutin.Dia sadar kalo saya kurang suka dia pakeg BB dengan alasan itu. Dan dia bilang kalo dia gak pakal pakeg BBMnya kalo saya blom punya BB juga. Okeh, itu cukup bikin saya tenang.

Puncaknya siih kemaren, waktu kita jalan bareng. Montok minta saya buat pegangi BBnya. Saya tiba tiba penasaran pengen liat kontak BBMnya. Bener aja. Kontak BBMnya udah penuh sama pin BB orang laen. Beberapa cewek. Sumpah, rasaya rada kesel, ngerasa diboongin karena dia gga ngelakuin sesuai apa yang dia udah janjiin. Tapi saya gak ngomong sama dia, kalo saya kesel. Saya cuma diem. Sampe dia nganter saya pulang pun, saya masih diem dan pasang tampang jutek. Dia siih nyadar, dan akhirnya nanya, "knapa?" Saya masih gak mau bilang ke dia soal perasaan saya. Di rumah, saya langsung berselancar ria di internet pakeg laptop. Saya sibuk ngurusin blog. Juga buka facebook sesekali. Waktu saya buka facebook, di beranda facebook saya  liat newsfeednya montok. Disitu montok lagi nanya pin BB  cewek! Damn! Sumpah, saya kesel sekesel keselnya. Marah semarah marahnya. Saya langsung buat status di Facebook yang nginggung dia.

Dia akhirnya ngerasa, dan langsung sms saya. Dia minta maaf, karena sebenernya dia cuma mau maen maen sama tuuh cewek. Gak srius nanya pin BBnya. Tapi saya udah terlanjur marah. Akhirnya saya bilang ke dia tentang apa yang saya rasain (walopun cuma lewat sms). Saya jujur kalo saya gak suka kalo dia pakeg BB. saya takut kalo dia bakalan selingkuh lewat BBM. Saya takut dia bakal ketemu cewek lain yang lebih sgalanya dari saya. Saya takut dia pergi dari idup saya! Setelah saya sms jujur gitu, dia langsung minta maaf. Dia juga bilang bakal jual BB itu lagi kalo perlu. Dia gak mau aku ngerasa kesel terus karena dia pakeg BB. 

Tapi setelah dia bilang gitu, justru saya yang malah jadi ngerasa gak enak. Apa hak saya harus ngelarang dia macem macem. Toh kenyataannya dia gak pernah macem macem sebelumnya. Kalo emang dia niat selingkuh kaan, gak harus setelah dia pakeg BB. Akhirnya saya ngerasa bersalah juga.
"kamu gak perlu jual lagii BBnya, kaan sayang, mana ada BB yang semurah itu," kata saya lewat sms.
"gak, nyari cewek lebih susah. kita jual aja yaah BBnya," bales Montok.
"cewek kaan banyak. mau cari dimana juga ada," sambung saya lagi.
"okeh, gini aja. gimana kalo saya apus smua kontak yang ada di BBM saya. dan kcuali punya Ge sama Ty yaah," dia nyebutin nama dua temennya.
"kamu gak perlu ngelakuin itu, aku jadi gak enak sama kamu," saya bilang gitu, tapi atii juga rada tenang denger dia ngomong gitu.
"aku gak mau ngulang kesalahan. aku gak mau lyat kamu cemberut lagi. aku sayang kamu," tiba tiba dia bilang gitu.
Saya ngerasa tersentuh denger dia ngomong gitu. Demi perasaan saya, dia sempet rela buat jual BBnya. Padahal saya tau kalo dia pengen banget punya BB. Saya ngerasa bego, tolol, norak, udah biarin pikiran gak beralasan itu ngerasukin otak saya. 
"aku minta maaf yaah, udah kayak anak kecil. Tapi aku gak bisa ngilangin pikiran itu. Makasi banyak karena kamu udah ngerti aku," bales saya.
"udah, aku udah apus smua kontak BBMnya ya, kamu liat aja besok. Kalo nanti ada yang invite, saya janji saya bakal bilang dulu ke kamu. Love you so much," kata Montok masih lewat sms. 

Setelah ngungkapin unek unek sama Montok, jujur perasaan saya jauh lebih lega. Stelah dia tau apa yang buat saya cemberu, dia bisa ngerti dan paham. Dia juga ngelakukin sesuatu untuk bikin hati saya tenang. Akhirnya saya sadar kalo hanya diam, gak akan pernah menyelesaikan masalah. Kita harusnya ngomong dengan jujur tentang apa yang gak kita seneng dari pasangan kita. Mungkin dengan ngomong, dia bakal ngerti, malah bisa ngelakukin sesuatu yang bisa buat kita senyum lagi. Sadar ato gak, KEJUJURAN ADALAH ROMANTISME YANG PALING SEDERHANA.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Sunshine© Designed by: Compartidisimo